TauKahAnda

TaukahAnda bertujuan untuk menjangkau informasi yang anda butuhkan dalam segala aspek pengetahuan

Sponsor

Saturday, December 1, 2018

Gagasan Pemikiran HARUN NASUTION Dalam Bidang Pendidikan Islam




[
 Gagasan pemikiran Harun Nasution dalam bidang pendidikan Islam pada khususnya dan perkembangan ilmu pengetahuan pada umunya adalah sebagai berikut:1]

Pertarna, bahwa sejak di Sekolah Dasar, tepatnya di Hollandsch Inlandshe Shoot (HIS), sekolah dasar 'modern' yang didirikan  oleh pemerintah Belanda, Harun  Nasution sangat tertarik dengan ilmu alam dan sejarah. Ia bercita-cita menjadi guru bila besar nanti. Cita-citanya ini baru tercapai pada saat Harun Nasution kembali ke tanah air setelah selesai menempuh studinya  pada  Program   Strata  3   (S-3/DR)  dari  McGill University, Montreal Canada. Di tanah air, Harun Nasution bertugas sebagai dosen hingga menjadi rektor pada Institut  Agama  Islam  Negeri   (IAIN)   Syarif   Hidayatullah   Jakarta   yang  sejak  Mei  2002 berubah menjadi Universitas Negeri Jakarta (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kedua, selama masa tugasnya sebagai dosen dan rektor di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dapat diduga Harun memiliki gagasan dan pemikiran dalam bidang pendidikan agama Islam.   Dugaan   ini   dapat   dilihat   indikasinya   pada   adanya   perubahan   di   IAIN   Syarif Hidayatullah Jakarta ke arah yang lebih maju dari keadaan sebelumnya. Dugaan ini perlu dibuktikan lebih lanjut berdasarkan bukti-bukti yang objektif dan meyakinkan.

Ketiga,   setelah   selesai   melaksanakan   tugasnya   sebagai   Rektor   IAIN   Syarif Hidayatullah Jakarta  (1973-1982) selama  kurang   lebih   Sembilan tahun,  Harun   Nasution menghabiskan   masa   tuanya   hingga   wafat   sebagai   guru   besar   dan   sekaligus   Direktur Pascasarjana IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Melalui upayanya yang penuh ketekunan, perhatian  dan  keikhlasan   dalam membina   dan  mengelola   Pascasarjana,  Harun   Nasution berhasil   melahirkan   ratusan   doctor   dalam   berbagai   bidang   ilmu   agama   yang   saat   ini memimpin IAIN/STAIN yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Keberhasilannya ini tentu didasarkan pada konsep, strategi dan upaya-upayanya dalam mendidik dan mengajar para mahasiswanya

Keempat, dilihat  dari  segi  keahliannya,   Harun Nasution dapat dikatakan sebagai seorang peneliti dalam bidang Ilmu Kalam (Teologi) dan Falsafah yang handal dan kapabel. Namun, keahliaanya dalam bidang ilmu ini bukanlah tujuan, melainkan sebagai alas. Dengan kedua ilmu tersebut Harun Nasution ingin mendidik dan mengubah mental masyarakat Islam yang terbelakang, jumud dan tradisional menjadi mental masyarakat yang maju, dinamis dan rasional. Harun Nasution begitu yakin, bahwa untuk membawa kemajuan bangsa dan Negara, terlebih dahulu harus dilakukan dengan mengubah sikap mentalnya.

Kelima,   dilihat   dari   segi   pribadinya,   Harun   Nasution   adalah   seorang   yang   taat menjalankan ibadah, berpola hidup sederhana, jujur, amanah, dan rendah hati. Pribadi yang demikian itu merupakan salah satu sifat yang harus dimiliki seorang pendidik



[1] Muzani, syaiful. 1995.Islam Rasional : Gagasan Dan Pemikiran Prof Dr. Harun Nasution. Mizan : Bandung.


No comments:

Sponsor