TauKahAnda

TaukahAnda bertujuan untuk menjangkau informasi yang anda butuhkan dalam segala aspek pengetahuan

Sponsor

Tuesday, October 16, 2018

Tahukah anda mesjid dengan kubah pertama di dunia..?




Kubah mesjid merupakan simbol yang identik dengan tempat peribadatan dalam agama Islam, namun apakah kubah mesjid tersebut sudah ada sejak zaman Rasulullah saw di awal masa-masa Islam..? 

Jawabannya mengatakan bahwa kubah mesjid pertama sekali dibangun antara tahun 685-691 M pada masa khalifah bani Umayyah, Abdul Malik bin Marwan.  Dibangun setengah tahun setelah wafaatnya Rasulullah saw. 

Kubah sendiri bukan berasal dari asitektur Islam, hal ini disebabkan ajaran Islam secara fisik memang tidak membawa secara langsung tradisi budaya fisik. Dan mesjid yang mengawali atau pelopor dengan pembangunan kubah ialah masjid Qubbat as Sakhrah,  dengan bentuk setengah bola sebagai penutup mesjid sehingga seluruh mesjid di seluruh dunia menjadikan pedoman atau contoh kepada mesjid Qubbat sas Sakhrah.

Mesjid Qubbat as Sakhrah juga sering disebut dengan mesjid kubah batu yang merupakan sebuah bangunan yang terletak di tengah-tengah kompleks al Haram asy Syafii, atau nama lain dari mesjid ini juga sering disebut Dome of the Rock yang di dalamnya terdapat tempat berdirinya Rasulullah saw ketika hendak Isra' Mi'raj



No comments:

Sponsor