TauKahAnda

TaukahAnda bertujuan untuk menjangkau informasi yang anda butuhkan dalam segala aspek pengetahuan

Sponsor

Saturday, December 1, 2018

Perbedaan Antara Pemikiran Dan Filsafat



Sebenarnya antara kalimat pemikiran dan filsafat ialah dua kata yang mempunyai keterikatan masing-masing. Namun pemikiran lebih umum daripada kosakata “filsafat”. 

Definisi umum dari berpikir ialah suatu perkembangan idea dan konsep ( bonchenski dalam surriasumantri, 1992 : 52). Sedangkan filsafat merupakan hasil daripada pemikiran manusia yang dituangkan dalam suatu cabang seni ilmu. Jadi perbedaan antara keduanya hanya bersifat Umum khusus.

Sedangkan cakupan bidang filsafat sangat luas dan mencakup banyak hal sejauh dapat dijangkau oleh pikiran. Filsafat berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang asal mula dan sifat dasar alam semesta tempat manusia hidup serta apa yang merupakan tujuan hidupnya. Jadi cakupannya sesuai daya pikir manusia dalam mentadabburi sesuatu.

Makanya ada ungkapan ditengah masyarakat “ Bersilsafat Adalah Berfikir”. Karena ungkapan dari filsafat lahir dari pemikiran, namun tidak sebaliknya karena tidak semua pemikiran akan melahirkan filsafat.

Misalnya : “ filsafat ke ilmuan. Disini manusia berfikir akan jati diri yang sebenarnya tentang konsep ilmu itu, dia akan berpikir apa yang harus dia ketahui dari ilmu itu..? serta ciri apa saja yang membedakan antara ilmu dari pengetahuan-pengetahuan lain..? 

Lalu mengapa dia harus mempelajari ilmu, sedangkan pemikiran hanya sebatas apa yang terlintas dalam nalurinya seperti orang bertanya, apa yang kamu pikirkan? Saya sedang memikirkan keluarga saya.?




No comments:

Sponsor