TauKahAnda

TaukahAnda bertujuan untuk menjangkau informasi yang anda butuhkan dalam segala aspek pengetahuan

Sponsor

Tuesday, November 27, 2018

Struktur RNA



RNA (Ribonukleosida acid) merupakan rantai polinukleotida yang terdiri dari nukleotida-nukleotida yang membentuk suatu rantai panjang. Ikatan yang menghubungkan setiap nukleotida ini dinamakan dengan ikatan phosphodiester. Seperti halnya dengan DNA, nukleotida pada RNA juga terdiri dari gula (ribosa), basa (adenin, guanin, sitosin, urasil) Dan phosphate. Seperti halnya dengan DNA yang memiliki untai ganda. RNA hanya terdapat satu untaian atau disebut dengan single stranded.

Berbeda halnya dengan DNA, RNA memiliki bererapa jenis atau tipe yang setiap jenis memiliki fungsi berbeda. RNA tidak stabil dalam kondisi basa, Hal ini terkait dengan struktur RNA yang memiliki lekuk lebih besar sehingga lebih mudah di serang oleh enzim. Tidak Sama halnya dengan DNA, RNA lebih tahan terhadap sinar UV.

RNA sering digunakan sebagai data base, atau sebagai template, Hal ini dikarenakan RNA membawa informasikan genetik dari DNA. Meskipun RNA ini merupakan hasil copian dari DNA, namun RNA memiliki peranan yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup setiap spesies. Contoh, beberapa 
RNA berperan penting dalam regulasi gen untuk on/off.

Gambar 1.1. Struktur RNA

No comments:

Sponsor