TauKahAnda

TaukahAnda bertujuan untuk menjangkau informasi yang anda butuhkan dalam segala aspek pengetahuan

Sponsor

Sunday, November 11, 2018

THARIQAT



THARIQAT


1. Pengertian secara bahasa

Kata thariqat berasal dari bahasa Arab thariqah ( طريقة ) jamaknya thariqat ( طريقات ) yang berarti :
a.  Jalan,  petunjuk jalan, cara
b. Metode atau sistem
c.  Mazhab, aliran, haluan
d.  Keadaan 
e. Tiang tempat berteduh, tongkat, payung

Menurut al jurjani Ali bin Muhammad bin Ali (740-816), thariqat adalah metodw khusus yang dipakai oleh salik menuju Allah swt.  Melalui tahapan-tahapan / maqamat. 

Dengan demikian,thariqat memiliki dua pengertian berikut. 
a.  Thariqat adalah metode pemberian bimbingan spiritual kepada individu dalam mengarahkan kehidupannya menuju kedekatan diri dengan Allah Swt. 
b.  Thariqat sebagai persaudaraan kaum sufi yang ditandai dengan adanya lembaga formal, seperti zawiyah, ribat, atau khanaqah. 

2. Pengertian secara istilah

Asy-syaikh Muhammad Amin al Kurdi mengemukakan tiga macam definisi berikut :

a.  Thariqat adalah pengamalan syariat, melaksanakan beban ibadah dan menjauhkan diri dari sikap mempermudah ( ibadah ) yang sebenarnya memang tidak boleh dipermudah. 

b. Thariqat adalah menjahui larangan dan melaksanakan perintah Tuhan sesuai dengan kesanggupannya baik larangan dan perintah yang nyata maupun yang tidak ( batin )

c.  Thariqat adalah meninggalkan yang haram dan makruh, memperhatikan hal-hal mubah (yang sifatnya mengandung) fadhilah., dan menunaikan hal-hal yang diwajibkan dan yang disunatkan sesuai dengan kesanggupan (pelaksana) dibawah bimbingan seorang arif (syaikh)  dari (sufi)  yang mencita-citakan suatu tujuan.

Dengan demikian, pengertian thariqat secara istilah adalah petunjuk dalam melakukan suatu ibadah sesuai dengan ajaran yang ditentukan dan dicontohkan oleh Nabi dan dikerjakan oleh sahabat, tabiin, turun-temurun sampai kepada guru-guru serta sambung menyambung dan rantai-berantai.



No comments:

Sponsor