TauKahAnda

TaukahAnda bertujuan untuk menjangkau informasi yang anda butuhkan dalam segala aspek pengetahuan

Sponsor

Saturday, November 10, 2018

METODE TAHFIDH


METODE TAHFIDH

-          Metode menghafal (sesuai target):

·         Bagi siswa yang menargetkan 1 juz dalam satu semester maka caranya :

1.   Karena waktu setoran MAS dalam seminggu 3 x setor maka bagi siswa yang ingin menargetkan satu semester 1 juz, si Siswa harus meyetor hafalannya setengah halaman setiap x perjumpaan, maka kalau siswa menyetornya setiap x perjumpaan setengah halaman, berarti ini akan menghabiskan waktu perjumpaan selama 40 x pertemuan, alias ( 3 bulan 1 minggu) untuk target hafalannya 1 Juz.
2.      Kalau siswanya istiqamah satu semester 1 juz berarti setahun 2 juz, 2 tahun di MAS dia memiliki hafalan 4 juz, 3 tahun di RIAB siswa memiliki hafalan 6 juz.
3.    Maka bagi siswa yang sudah menyelesaikan targetnya bukan berarti waktu atau jam tahfidhnya tidak masuk lagi, tetapi guru tahfidh memanfaatkan waktu tersebut untuk memperbaiki bacaannya atau dijadikan murajaah bagi si anak, sehingga waktu tidak terbuang sia-sia.
4.    Yang jelas si anak harus mempunyai target, target minimal ialah 1 juz satu semester,
5.      Dengan konsep ini “Saya Alumni MAS” siswa yang memiliki hafalan 6 Juz, siap mempertanggungjawabkan baik kepada sekolah, keluarga dan masyarakat.

·         Bagi siswa yang menargetkan 2 juz dalam satu semester maka caranya :
              
1.   Karena waktu setoran MAS dalam seminggu 3 x setor maka bagi siswa yang ingin menargetkan satu semester 2 Juz, si Siswa harus meyetor hafalannya 1 halaman setiap x perjumpaan, maka kalau siswa menyetornya setiap x perjumpaan 1 halaman, berarti ini akan menghabiskan waktu perjumpaan selama 40 x pertemuan, alias ( 3 bulan 1 minggu) untuk target hafalannya 2 Juz.
2.    Kalau siswanya istiqamah satu semester 2 juz berarti setahun 4 juz, 2 tahun di MAS dia memiliki hafalan 8 juz, 3 tahun di RIAB siswa memiliki hafalan 12 juz.
3.      Maka bagi siswa yang sudah menyelesaikan targetnya bukan berarti waktu atau jam tahfidhnya tidak masuk lagi, tetapi guru tahfidh memanfaatkan waktu tersebut untuk memperbaiki bacaannya atau dijadikan murajaah bagi si anak, sehingga waktu tidak terbuang sia-sia.
4.      Dengan konsep ini “Saya Alumni MAS” siswa yang memiliki hafalan 12 Juz, siap mempertanggungjawabkan baik kepada sekolah, keluarga dan masyarakat.

·         Bagi siswa yang menargetkan 3 juz dalam satu semester maka caranya :
              
1.   Karena waktu setoran MAS dalam seminggu 3 x setor maka bagi siswa yang ingin menargetkan satu semester 3 Juz, si Siswa harus meyetor hafalannya 1½ halaman setiap x perjumpaan, maka kalau siswa menyetornya setiap x perjumpaan 1½ halaman, berarti ini akan menghabiskan waktu perjumpaan selama 40 x pertemuan, alias ( 3 bulan 1 minggu) untuk target hafalannya 3 Juz.
2.   Kalau siswanya istiqamah satu semester 3 juz berarti setahun 6 juz, 2 tahun di MAS dia memiliki hafalan 12 juz, 3 tahun di RIAB siswa memiliki hafalan 18 juz.
3.      Maka bagi siswa yang sudah menyelesaikan targetnya bukan berarti waktu atau jam tahfidhnya tidak masuk lagi, tetapi guru tahfidh memanfaatkan waktu tersebut untuk memperbaiki bacaannya atau dijadikan murajaah bagi si anak, sehingga waktu tidak terbuang sia-sia.
4.      Dengan konsep ini “Saya Alumni MAS siswa yang memiliki hafalan 18 Juz, siap mempertanggungjawabkan baik kepada sekolah, keluarga dan masyarakat ( layak mendapatkan tiket UMRAH dari yayasan).

  
-          Simtem penilaian (sesuai target):

·         Bagi yang menghafal setengah juz dalam satu semester nilai yang diberikan maksimal 40 sedangkan yang mengahafal hampir mendekati satu juz dipertimbangkan sesuai tingkat hafalan yang dia capai
·         bagi yang sukses mengahafal 1 juz dalam satu semester maka nilai yang diberikan  maksimal 79,
·         sedangkan yang menghafal sampai 2 juz dalam satu semester diberikan nilai maksimal 90,
·         sedangkan yang menghafal sampai 3 juz sampai seterusnya dalam satu semester diberikan nilai maksimal 99,
·         sedangkan yang menghafal antara 1 juz dan 2 juz diberikan nilai antara 80-90, yang mengahafal antara 2 juz dan 3 juz diberikan nilai antara 90-99


Note :
1.      Tujuan dari penetapan nilai ini ialah supaya santri memiliki patokan berapa target yang harus dia capai serta dengan target yang jelas dan sesuai standar maka pemberian nilaipun tercipta keadilan sehingga antara kelas A dan B tidak ada klaim perbedaan dalam pemberian nilai.
2.      Dengan adanya penetapan target seperti ini dayah MAS mampu memberikan konsep Tahfidh yang jelas serta konsisten dalam mencapai target hafalan si anak serta bisa memberikan tanggung jawab yang jelas kepada wali santri
3.      Setiap pengajar Tahfidh harus selalu mengecek serta mendata setiap hafalan santri dengan absensi yang diberikan, sebagai tanda bukti yang bisa dipegang sama pengajar Tahfidh.
4.      Bagi siswa yang tidak mencapai target 1 Juz dalam satu semester, sekolah konsisten untuk memberikan teguran pertama beserta pemanggilan orangtua (wali santri). Sedangkan pada semester berikutnya sekolah juga konsisten untuk mengeluarkan siswa apabila si siswa tidak memiliki perubahan dalam mengejar target Tahfidhnya.









Mengetahu :          
Kepala Sekolah         
Aceh Besar,   Januari 2017

Munzir,Lc.

      

No comments:

Sponsor